Monday, July 9, 2018

Pemprov Jabar Sepakat Kembangkan e-Katalog Daerah

 Pemerintah Provinsi Jawa Barat menandatangani nota kesepahaman dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terkait katalog daerah pada hari kamis (05/06) di Bandung, Jawa Barat. Setelah nota kesepahaman ini ditandatangani, nantinya produk – produk lokal yang ada di Jawa Barat bisa masuk ke dalam e-katalog daerah dan kemudian dibeli oleh pemerintah.

Agus menjelaskan bahwa e-katalog daerah yang akan ditayangkan merupakan barang yang sifatnya kelokalan dan lingkup pergerakannya hanya di sekitar provinsi Jabar. “Sebab apabila digerakkan terlalu jauh akan menjadi mahal. “ kata Agus.

Namun, Ia menyebut, nantinya, katalog lokal ini dapat dipromosikan secara nasional agar dapat dibeli oleh daerah lainnya.

E-katalog terdiri dari e-katalog nasional, e-katalog daerah dan e-katalog sektoral. . Selain itu, Agus optimistis bahwa ke depannya Indonesia akan memiliki national e-marketplace terbesar di dunia.

“Jika produk di e-katalog sudah memiliki jutaan item, maka beban tender akan berkurang. Kemudian tender akan terpaksa dilakukan manakala barangnya tidak ada di pasar. Itu adalah yang menjadi cita-cita besar kami di LKPP, pengadaan akan shift dari dunia tender menjadi dunia market.” terangnya.

Oleh karena itu, kerja keras LKPP harus mendapat dukungan yang sama dari provinsi Jabar dalam memuwudkan katalog daerah. Dukungan itu terutama berupa terbentuknya Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) di Provinsi Jabar sebagai  pusat keunggulan pengadaan di bumi priangan.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan siap mendukung jalannya pengembangan e-katalog daerah, Ia juga meminta agar jajaran Pemprov Jabar bisa memanfaatkan moment tersebut dengan baik, sehingga nantinya dapat menyampaikan kepada yang lainnya.

0 comments

Post a Comment

Pages