Tuesday, May 8, 2018

Pusdiklat PBJ Jalani Audit ISO 9001:2015

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa (Pusdiklat PBJ) melaksanakan audit ISO 9001:2015, Senin (07/05) di kantor LKPP di Jakarta. Pelaksanaan audit ini merupakan re-sertifikasi yang dilakukan oleh auditor eksternal dari British Standards Institution (BSI) Group Indonesia dan dilaksanakan setiap tahun untuk mengevaluasi pelaksanaan sistem manajemen mutu yang dilakukan oleh Pusdiklat PBJ. Sertifikasi ISO sebelumnya dilakukan atas nama Direktorat Pelatihan Kompetensi sebelum mengalami pergantian struktur Desember 2017.

Pelaksanaan audit sertifikasi dilakukan selama satu hari dari pukul 08.30 – 17.00 WIB. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusdiklat PBJ Suharti dan dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dan staf Pusdiklat PBJ.

Suharti mengharapkan agar penerapan audit Sertifikasi ISO 9001:2015 dapat meningkatkan kualitas pelayanan Pusdiklat PBJP ke arah yang lebih baik. “Tentunya banyak hal yang harus kita rapikan dalam manajemen mutu karena kami berada di garis depan dalam peningkatan kompetensi sumber daya manusia pengadaan di seluruh Indonesia.” Katanya.

Ia juga menyampaikan agar BSI dapat memberikan saran perbaikan terkait pelaksanaan pelayanan yang telah dilakukan.

Audit ISO 9001:2015 yang dilakukan BSI meliputi wawancara, pengecekan dokumen sistem manajemen mutu, dan observasi lapangan.

M. Agung Sumantri dari BSI mengatakan, tujuan audit ISO 9001:2015 sebenarnya bukan mencari kesalahan namun untuk mencari kesesuaian. Maka dari itu, proses wawancara dalam audit lebih diarahkan menjadi sesi diskusi bersama.

Dari ringkasan hasil audit BSI menyampaikan bahwa sistem manajemen mutu Pusdiklat PBJ telah berjalan dengan baik, dan tidak ada temuan mayor ataupun minor. Namun ada beberapa saran perbaikan yang perlu dilakukan diantaranya adalah perlunya analisis kebutuhan diklat untuk pegawai non PNS, perlunya perbaikan penomoran formulir sasaran mutu, perbaikan kekutu (bugs) atau kesalahan dalam portal ppsdm.lkpp.go.id serta perlunya konsistensi dalam pelaksanaan evaluasi pelatihan.

0 comments

Post a Comment

Pages